[Review] Dewpre Tea Tree 5.5 Cleansing Foam

Teman-teman masih ingat Dewpre nggak? Saya pernah mengulas beberapa produk dari brand Dewpre, sekian purnama lalu. Mungkin belum dan tertarik untuk baca review yang saya tulis, silakan klik link di bawah, ya.

[REVIEW] DEWPRE PAEONIA BRIGHTENING SERIES, SKIN CARE LOKAL DENGAN TEKNOLOGI KOREA

Bulan lalu, Dewpre baru aja mengeluarkan produk lagi untuk melengkapi lini skincare mereka. Kali ini, pH balanced cleanser. Yay! Akhirnya ada pilihan pH balanced cleanser lagi dari brand lokal *cheers*.

Sebelum lanjut, teman-teman udah tahu belum kenapa penting untuk menggunakan pembersih wajah yang pH balanced?

Potential Hydrogen atau pH, merupakan skala untuk mengetahui suatu zat bersifat asam (acidic) atau basa (alkali). Semakin rendah level pH dari suatu zat, maka sifatnya semakin asam. Semakin tinggi level pH dari suatu zat, maka sifatnya semakin alkali.

Skin pH Scale (sumber: healthline)

Kulit manusia memiliki pH alami cenderung asam, pada level 5.5. Hal ini karena kulit wajah memiliki mantel atau pertahanan alami yang cenderung asam, yang berguna untuk melindungi kulit dari polutan dan membuat bekteri tidak bereproduksi.

Ilustrasi lingkungan skin barrier (sumber: cocokind)

Pembersih wajah yang pH balanced diformulasikan sesuai dengan pH alami kulit manusia, yaitu 5.0-6.0, dimana fungsinya untuk membersihkan kulit dengan lembut sekaligus menjaga lipid barrier alami kulit. Singkatnya, this pH balanced cleanser doesn’t strip away our natural oil! Bakteri alami kulit tumbuh pada lingkungan keasaman yang tepat. Kalau kita pakai pembersih yang pH balanced, aftermath-nya nggak akan ngerasa kulit kering ketarik, kelembaban kulit tetap terjaga serta mencegah iritasi lanjutan pada kulit. Say no to harsh cleanser yang suka bikin kulit jadi iritasi!

kemasan

Dewpre Tea Tree 5.5 Cleansing Foam hadir dengan kemasan tube serta desain khas Dewpre, putih dengan sedikit aksen liris hijau muda. Ditambah susunan dan font tulisan yang “bersih”, membuat seluruh tampilannya sleek dan minimalis.

Packaging Dewpre Tea Tree 5.5 Cleansing Foam

klaim fungsi dan cara pakai

Klaim dari cleanser Dewpre adalah membantu membersihkan wajah dengan formulanya yang lembut sehingga membantu lipid barrier alami kulit terjaga. Dewpre Cleansing Foam mengandung tea tree oil sebagai anti bakteri, mengandung ekstrak daun camellia sinensis yang kaya antioksidan, mengandung allantoin untuk membantu menenangkan kulit dan saponaria bark yang memiliki sifat membersihkan dan mengikat air untuk kulit.

Cara pakai Dewpre Tea Tree 5.5 Cleansing Foam adalah sebagai berikut:

  • Basahi wajah dengan air.
  • Tuangkan Dewpree Cleansing Foam secukupnya ke telapak tangan.
  • Beri sedikit air pada tangan lalu gosok hingga berbusa.
  • Aplikasikan pada wajah yang telah dibasahi.
  • Pijat halus secara perlahan dengan gerakan melingkar keluar.
  • Bilas dengan air hingga bersih.
Cara pakai Dewpre Tea Tree 5.5 Cleansing Foam

tekstur, warna, bau

Dewpre Tea Tree 5.5 Cleansing Foam ini bertekstur gel. Secara umum, gel cleanser lebih ramah untuk kulit sensitif dan oily acne prone dibanding tekstur foam. Konsistensi gel ini juga menghasilkan lebih sedikit busa. Hal ini bagus karena selain kerjanya lembut, tapi tetap efektif untuk “merontokkan” segala jenis kotoran pada kulit. Let’s switch to gentle cleanser, yeorobun!

Dewpre Cleansing Foam ini tidak menggunakan fragrance. Ada wangi khas natural yang tercium yang berasal dari kandungan tea tree oil di dalamnya.

ingredients

Water, Potassium Laureth Phosphate, Glycerin, Potassium CocoylGlutamate, Lauryl Hydroxysultaine, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Butylene Glycol, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil, Camellia Sinensis Leaf Extract, AsparticAcid, Caprylyl Glycol, Sodium Cocoyl Glutamate, 1,2-Hexanediol, Coco-Glucoside, Polyglyceryl-10 Laurate, Polyglyceryl-10 Myristate, Glyceryl Caprylate, Sodium Cocoyl Isethionate, Disodium EDTA, Allantoin, Quillaja Saponaria Bark Extract

Key ingredients:

  • Anti-acne: Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil
  • Antioxidant: Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil, Camellia Sinensis Leaf Extract
  • Skin-identical ingredient: Glycerin, Aspartic Acid
  • Soothing: Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil, Camellia Sinensis Leaf Extract, Allantoin

Dewpre Tea Tree 5.5 Cleansing Foam mengandung camellia sinensis serta allantoin untuk membantu menenangkan kulit; mengandung tea tree oil yang memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi.

Percobaan tes ph cleanser

Untuk membuktikan pH cleanser Dewpre sebesar 5.5, saya melakukan tes sederhana menggunakan Universal pH Indicator yang bisa dilakukan di rumah. Selanjutnya akan saya bandingkan dengan pH cleanser brand lain. Langkah-langkah dan penjelasan dari masing-masing foto sebagai berikut.

Persiapan tes pH menggunakan Universal pH Indicator

Langkah pertama, melakukan pengujian pH tahap I menggunakan Dewpre Tea Tree 5.5 Cleansing Foam.

Strip 1, Dewpre Tea Tree 5.5 Cleansing Foam dioleskan ke strip pH

Langkah kedua, menunggu beberapa detik hingga hasil pH muncul.

Strip 1, Dewpre Tea Tree 5.5 Cleansing Foam menunggu hasil

Langkah ketiga, membandingkan hasil tes pH Dewpre Tea Tree 5.5 Cleansing Foam dengan pH indicator.

Pada foto A di atas, terlihat warna strip terlalu muda untuk angka 6 dan 7, dimana artinya hasil pH bukan di angka 6 atau 7. Pada foto B, warna strip semakin mendekati di antara angka 5 dan 6. Kesimpulan hasil tes sederhana ini menunjukkan pH Dewpre Tea Tree 5.5 Cleansing Foam berada pada angka 5.5.

Langkah keempat, melakukan pengujian pH tahap II menggunakan cleanser brand X.

Strip 2, cleanser brand X dioleskan ke strip pH

Langkah kelima, menunggu beberapa detik agar hasil pH cleanser brand X muncul kemudian membandingkan hasil tes dengan pH indicator.

Strip 2, membandingkan hasil tes cleanser brand X ke pH indicator

Pada foto di atas, hasil tes pH cleanser brand X berada di antara angka 7 dan 8. Hal ini menunjukkan bahwa pH cleanser brand X tersebut bersifat alkali dan menjauhi pH alami kulit wajah.

review

Hal pertama yang saya suka dari Dewpre Tea Tree 5.5 Cleansing Foam ini adalah busanya yang tidak terlalu banyak dan tidak meninggalkan sensasi licin ketika dibilas.

Busa Dewpre Tea Tree 5.5 Cleansing Foam

Busa yang banyak tanpa teknologi foamy, terkadang menunjukkan cleanser tersebut terdapat banyak deterjen yang harsh untuk kulit wajah.

Dari sisi formula, ternyata formula Dewpre Cleansing Foam berbeda dengan gentle cleanser lain yang pernah saya coba. Aftermath setelah mencuci muka menggunakan Dewpre Cleansing Foam, masih ada terasa sensasi “rasa bersih” dibanding gentle cleanser yang memiliki sensasi “rasa lembab”. Kaitannya tentu saja dengan feeling setelah mencuci muka jadi terasa segar. Kotoran, debu, polusi dan sisa minyak hempas seketika.

Isinya cukup banyak, 120ml dengan harga yang reasonable membuat Dewpre Cleansing Foam ini menjadi salah satu pilihan cleanser bagus yang affordable. Untuk saya pribadi, cleanser 120ml seperti ini bisa bertahan sekitar 3-4 bulan lamanya. Hemat kan?

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, Dewpre Cleansing Foam tidak menggunakan pewangi buatan. Tetapi tenang saja bagi yang suka wewangian, Dewpre Cleansing Foam masih tercium bau alami segar (natural scent) yang berasal dari kandungan tea tree oil dan membuat pengalaman mencuci muka menjadi menyenangkan.

Untuk teman-teman muslim yang concern akan hal ini, jangan khawatir karena formula Dewpre Cleansing Foam adalah vegan serta sudah mendapatkan sertifikat halal.

Label vegan dan label halal pada Dewpre Tea Tree 5.5 Cleansing Foam

harga dan where to buy?

Teman-teman bisa mendapatkan cleansing foam ini dengan harga Rp109.000 melalui official online store mereka di Tokopedia Dewpreofficial, Website Dewpre ataupun Shopee Dewpre Official Shop (silakan klik masing-masing marketplace).

Ada tambahan diskon 10-15% dalam rangka Year End Sale yang berlaku selama beberapa waktu kedepan. Jadi cukup menukarkan 92-98ribu saja untuk mendapatkan cleansing foam ini. Go grab them fast!

Tabik,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s