[Review] Dewpre Premium Cica Suncream, Physical Sunscreen Lokal Pilihan

Hai hai!

Wohooo, tiga bulan sudah saya skip nulis di sini huhuu maafkan! To cut it short, energi saya lagi tersedot habis karena ada kesibukan baru yang sedang menjadi prioritas.

“Bilang aja nggak disempetin nulis???”.

Ya, itu benar juga sih, hehe.

But, anyway, salah satu brand lokal kecintaan saya akhirnya mengeluarkan produk yang saya tunggu-tunggu. Awal tahun lalu saat mereka hubungi saya untuk mengirimkan produk pertama mereka, saya sempat request agar mereka mengeluarkan sunscreen. Karena seperti yang kita tau bareng-bareng nih, sunscreen is life, right?

Sunscreen itu, vital banget menurut saya. Saya nggak apa-apa deh skip serum/toner/essence dan sebagainya selama tidak skip cleanser (obviously) dan sunscreen. Buat yang masih males pakai sunscreen, ayo ayo rutinin. Do this today and see your future self will thank you for it!

Without further ado, please welcome to the newest member from one of my (or our) favorite local brand.

*drum roll*

Dewpre!

Yeayy!

Yak, jadi mereka baru aja ngeluarin produk baru untuk melengkapi rentetan produk skincare mereka, yaitu sunscreen. Tepatnya, Dewpre Premium Cica Suncream SPF 50+ PA++++.

Dewpre Premium Cica Suncream

Yeayy, congrats Dewpre!

Di tulisan sebelumnya saya pernah mengulas beberapa produk Dewpre. Silakan klik link di bawah kalau kamu belum baca, yah!

[Review] Dewpre Paeonia Brightening Series, Skincare Lokal dengan Teknologi Korea

Dan ini,

[Review] Dewpre Tea Tree 5.5 Cleansing Foam

Nah, masuk ke bagian favorit saya nih. Ternyata, jenis sunscreen mereka adalah non nano physical sunscreen, lho.

“Hah, apa tuh non nano physical sunscreen?”

Jadi, non nano ini berarti ukuran partikelnya lebih besar dari 100nm. Dimana, ukuran ini cukup besar untuk masuk ke dalam kulit. In other words, it won’t penetrate your skin. Jadi sesuai ya, cara kerjanya memang “berada di atas lapisan kulit” untuk melindungi kulit kita dari bahaya sinar UV-A dan UV-B. Ini juga ada kaitannya sama kehidupan biota laut, lho. Untuk lebih lengkapnya mengenai penjelasan non nano physical sunscreen, kamu bisa baca di sini, The Ultimate Guide To Uncoated Non Nano Zinc Oxide.

Untuk teman-teman acne-prone, please give this attention. Biasanya, physical sunscreen lebih “aman” untuk pemilik kulit acne-prone karena sifat sunscreen jenis ini adalah “sit on top of the skin’s surface”. Tidak seperti chemical sunscreen yang cara kerjanya adalah masuk ke beberapa lapisan kulit. Untuk beberapa perbandingan chemical sunscreen dan physical sunscreen silakan lihat bagan di bawah yang saya ambil dari website-nya Eminence Organics.

Chemical vs Mineral (Physical) Sunscreen (source: Eminence Organics)

Kemasan

Dewpre Premium Cica Suncream hadir dengan kemasan yang mirip dengan “kakak-kakaknya”, tube putih dengan aksen warna hijau muda pastel yang segar. Desainnya clean dan minimalis, apalagi ditambah dengan info produk yang tidak terlalu ramai pada kemasannya.

Sunscreen ini juga dilengkapi dengan nozzle tip untuk memudahkan kita mengeluarkan isinya.

Nozzle tip tube Dewpre Premium Cica Suncream

Klaim Fungsi dan Cara Pakai

Fungsi yang mereka tawarkan sendiri adalah dual protection. Non nano physical sunscreen juga dilengkapi dengan kandungan niacinamide, jadi lah produk ini bisa melindungi kulit kita dari bahaya sinar UV-A dan UV-B serta sekaligus bertindak sebagai skincare.

Protects and nourishes your skin at the same time.

Dewpre Premium Cica Suncream ini juga dermatologically tested, vegan, sudah mendapat sertifikat halal MUI dan BPOM, serta reef-free/safe/friendly.

“Apa lagi tuh reef-free?”

Jadi reef-free atau biasanya juga disebut reef-safe atau reef-friendly sering dipakai untuk mengidentifikasi sunscreen yang tidak mengandung oxybenzone dan octinoxate. Dua zat ini umumnya digunakan pada chemical sunscreen. Dimana pada beberapa penelitan, dua zat ini menunjukan adanya pengaruh terhadap coral bleaching. Ketika karang memutih, sebenarnya karang masih hidup, tetapi berada di bawah tekanan berat yang bisa membuat karang mati. Untuk selengkapnya mengenai reef-free sunscreen bisa kamu baca di sini, What is Reef-Safe Sunscreen?

Dewpre Premium Cica Suncream MUI dan BPOM certified, vegan dan dermatologically tested

Untuk cara pakainya, sama seperti merek sunscreen lainnya. Dipakai di urutan terakhir saat kamu pakai skincare dan sebelum menggunakan make-up. Jangan lupa aplikasikan sebanyak dua jari, ya. Pakai berulang setiap dua sampai tiga jam sekali khususnya untuk kamu yang beraktifitas berat dan berada di luar ruangan.

Tekstur, Warna, Bau

Tekstur Dewpre Premium Cica Suncream sendiri light texture dengan isi berwarna putih creamy, ringan dan nggak lengket. Teksturnya yang creamy ini, memudahkan kita untuk membaurkan produk ke seluruh bagian kulit wajah. Dewpre Premium Cica Suncream juga water resistant. Jadi buat kamu yang beraktifitas di luar ruangan, suka berenang atau main di pantai, masukin sunscreen ini ke dalam wishlist kamu, deh.

Ada sedikit whitecast atau efek tone-up setelah sunscreen ini diaplikasikan. Masih tergolong sangat oke karena setelah dibiarkan beberapa menit, efek tone-up ini malah membuat wajah terlihat lebih “segar dan hidup”.

Seperti produk sebelumnya, Dewpre Premium Cica Suncream tidak memiliki bau yang aneh. Menurut saya, bau tea tree oil-nya sangat khas. Cukup relaxing dan tidak merusak usage experience dari Dewpre Premium Cica Suncream.

Ingredients

Dewpre Premium Cica Suncream dilengkapi dengan Zinc Oxide dan Titanium Dioxide sebagai sunscreen filter yang melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Ada pula Niacinamide yang berfungsi untuk membantu mencerahkan, memperkuat skin barrier serta mempertahankan kelembaban, premium Centella Asiatica dan Camellia Sinensis sebagai soothing and calming-agent, Tea Tree Oil untuk membantu mencegah jerawat dan mengurangi keluarnya minyak di wajah serta Sodium Hyaluronate yang berguna untuk membantu melembabkan kulit wajah.

Ingredients lengkap dari Dewpre Premium Cica Sunscream bisa kamu lihat di bawah ini, yah!

Water, Zinc Oxide, Isononyl Isononanoate, Butyloctyl Salicylate, Centella Asiatica Leaf Water, Methyl Trimethicone, Trimethylsiloxysilicate, Isododecane, Caprylyl Methicone, Dimethicone, Dipropylene Glycol, Acrylates Copolymer, Titanium Dioxide, Niacinamide, Hexyl Laurate, Polyglyceryl-3 Polydimethylsiloxyethyl Dimethicone, Acrylates/Polytrimethylsiloxymethacrylate Copolymer, Disteardimonium Hectorite, Polyglyceryl-2 Isostearate, Polyhydroxystearic Acid, Coco-Caprylate/Caprate, Polyglyceryl-6 Polyricinoleate, Magnesium Sulfate, Vinyl Dimethicone/Methicone Silsesquioxane Crosspolymer, Sorbitan Sesquioleate, 1,2-Hexanediol, Triethoxycaprylylsilane, Aluminum Hydroxide, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Stearic Acid, Sorbitan Isostearate, Hydroxyacetophenone, Polyglyceryl-6 Polyhydroxystearate, Polyglyceryl-2 Dipolyhydroxystearate, Lavandula Angustifolia (Lavender) Oil, Trisodium Ethylenediamine Disuccinate, Polyglycerin-6, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil, Butylene Glycol, Tocopherol, Camellia Sinensis Leaf Extract, Sodium Hyaluronate, Ascorbyl Palmitate.

Review

Setelah satu bulan lamanya menggunakan Dewpre Premium Cica Suncream, bisa dibilang produk ini masuk ke dalam jajaran sunscreen yang harus masuk ke dalam pouch skincare ketika saya bepergian. Teksturnya oke sekali untuk ditimpa di bawah make-up karena tidak membuat make-up saya geser. Formulanya yang water resistant membuat saya lega karena tidak khawatir sunscreen ini cepat luntur ketika saya berkeringat.

Finishing-nya matte. Karena kandungan tea tree oil di dalam sunscreen ini, kulit normal to oily saya juga jadi tidak gampang berminyak.

Saya pernah pakai sunscreen ini saat ke pantai. Suhu yang terik dan panas, memang sedikit membuat kulit wajah gerah karena efek dari physical sunscreen. Namun saya tidak khawatir perihal proteksinya karena ketika cuci muka di siang hari, lapisan sunscreen ini masih berasa di kulit saya. Mungkin saran dari saya untuk teman-teman muslim yang sholat, bisa menggunakan make-up remover terlebih dahulu karena seperti yang diketahui bersama agar wudhu kita sah, maka tidak ada yang boleh menghalangi air untuk sampai ke lapisan kulit.

Bonus foto saya saat di pantai bersama ibu mertua dan kakak ipar :p

Untuk tipe water resistant sunscreen seperti ini, saya suka memberi julukan hardcore sunscreen yang artinya tahan di segala medan. Wajib ada di dalam rumah sebagai langkah proteksi ketika saya berada langsung di bawah sinar matahari.

Akhir-akhir ini saya jarang menggunakan make-up ketika ke luar rumah karena efek tone-up Dewpre Premium Cica Suncream sudah membuat tampilan wajah saya segar. Jadi tanpa make-up kulit saya juga nggak buluk, hehe.

Efek tone-up yang terlihat setelah menggunakan Dewpre Premium Cica Suncream

To sum it up, this Dewpre Premium Cica Suncream is one of my daily skin bestie.

Harga dan Where to Buy

Dewpre Premium Cica Suncream dibanderol dengan harga Rp199.000 untuk ukuran 35ml. Nah tapi, mereka lagi ngadain diskon nih, jadi kamu bisa bawa sunscreen ini pulang dengan harga Rp149.000 saja.

Dewpre Premium Cica Suncream bisa kamu checkout melalui official Shopee mereka, Shopee Dewpre Official atau melalui official website mereka, Dewpre Official.

Share di kolom komen dong kalau kamu udah nyobain atau tertarik untuk nyobain Dewpre Premium Cica Suncream.

#dailyskinbestie #premiumcicasuncream

Tabik,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s