[REVIEW] SOMETHINC NIACINAMIDE + MOISTURE BEET SERUM

*Based on my own preference. YMMV, your mileage may vary. Hasil bisa berbeda di berbagai masalah dan jenis kulit yang lain.

Halo halo,

tiga bulan sudah saya nggak nulis apa-apa di blog ini. Melihat ke belakang tentang berbagai pemberitaan Covid-19, bikin saya lebih banyak cemasnya. Mau nulis dan berbagi tentang perjalanan menggunakan skin care juga jadinya nggak semangat, huhu.

But, anyway, I’m back!

Di postingan sebelumnya tentang Skin Care Bulan Maret, salah satu skin care yang tiga bulanan ini telah saya coba dan paling saya suka adalah Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum. Mencatut dari website Somethinc sendiri, klaimnya adalah “Say goodbye to dark spot, dull and tired skin!”. Jadi, benar nggak tuh Niacinamide dapat membantu mencerahkan kulit wajah?

Nah, dari beberapa tulisan yang saya baca dari berbagai sumber yang terpercaya, bisa disimpulkan cara kerja Niacinamide dalam membantu mencerahkan keseluruhan tampilan kulit kita tidaklah sama dengan “cara kerja” brightening agent lainnya seperti vitamin C, Arbutin atau Galactomyces. Dari apa yang saya baca, Niacinamide ini bekerja dengan membantu memperlambat produksi melanin. Singkatnya, kalau kita panas-panasan, nggak gampang “gelap”nya, gitu.

Ngomongin brightening, sejauh ini saya paling suka dengan hasil kerja skin care yang di dalamnya terkandung Galactomyces dan Arbutin. Di kulit saya, mereka berdua ini bekerja dengan cepat. Dalam dua minggu saja, kulit saya perlahan mulai terlihat cerahnya.

Oke, balik lagi ke Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum. For your information khususnya bagi yang concern terhadap hal ini, Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum sendiri sudah mendapat sertifikat halal dari MUI. Jadi makin banyak kan, pilihan produk dari local brand skin care? Yeay!

KEMASAN

Kemasan serum ini berupa botol kaca berwarna putih yang berukuran 20ml dengan sentuhan permukaan doff serta mempunyai pipet sebagai alat bantu untuk mengeluarkan serumnya. Dengan ukuran 20ml, menurut saya sangat handy karena mudah diselipkan di travel pack apabila dibawa-bawa untuk bepergian. Juga, sedikit terlihat logo berwarna hijau yang sudah familiar. Yep, logo simbol kehalalan dari MUI.

Sebuah botol berwarna putih berukuran 20ml dengan tulisan Somethinc Niacinamide Moisture Beet Serum
Somethinc Niacinamide Moisture Beet Serum

KLAIM FUNGSI DAN CARA PAKAI

Nah, selain fungsi yang sudah saya sebutkan di atas, Niacinamide juga berfungsi untuk mengecilkan tampilan pori-pori.

Wah, kenapa ya bisa begitu?

Karena, Niacinamide membantu kulit meningkatkan produksi alami dari ceramide. Ceramide ini menghalau hilangnya kelembapan dan dehidrasi dari permukaan kulit dengan cara membentuk lapisan pelindung alias skin barrier. Kulit yang terjaga kelembapannya dapat membantu mengurangi tampilan pori-pori yang besar dari waktu ke waktu. Tapi, kalau besarnya pori-pori adalah turunan genetik, maka tidak akan bisa dikecilkan tanpa tindakan medis, ya :p.

Menurut dr. Davin Lim sendiri, Niacinamide pun termasuk antioxidant yang dapat menjaga kulit dari radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini. Niacinamide juga ramah dengan kulit sensitif. Kalau teman-teman punya kulit sensitif, silakan mulai dari konsentrasi yang lebih rendah (di bawah lima persen) lalu perlahan-lahan dapat ditingkatkan konsentrasinya sesuai kebutuhan kulit. Sama seperti ingredients lainnya, konsentrasi yang tinggi bisa memicu reaksi yang tidak diinginkan bagi pemilik kulit sensitif.

Terus, beberapa fungsi Niacinamide lainnya yang saya catut dari Paula’s Choice adalah, Niacinamide membantu menyeimbangkan kadar sebum serta menjaga kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Niacinamide juga memiliki sifat anti-inflamasi yang bertugas untuk meredakan peradangan. Karena jerawat adalah kondisi peradangan, dengan kata lain Niacinamide dapat membantu dalam proses penyembuhan jerawat.

Wah, kalau mau dibahas satu-satu sih, nggak akan habis fungsi Niacinamide dalam membantu memperbaiki masalah kulit. Makanya, dr. Davin Lim sendiri pernah mengatakan melalui Instagram Stories-nya bahwa Niacinamide ini super food untuk kulit kita.

0.67 oz / 20 ml

1587802751403
Fungsi dan cara pakai Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum

INGREDIENTS

1587802810358
Ingredients Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum; Aqua, Allantoin, Niacinamide, Glycerin, Hydroxyethylcellulose, Butylene glycol, Edta, Fructooligosaccharides, Beta Vulgaris Root Extract (Beet), Phenoxyethanol, Fragrance

Untuk konsentrasi Niacinamide, tertera angka 10% pada packaging luarnya. Beberapa penelitian menemukan konsentrasi Niacinamide sebesar lima persen dapat membantu mengurangi bintik hitam (gunakan minimal satu hingga dua bulan pemakaian secara rutin).

Menurut saya, tidak ada tambahan ingredients lainnya yang tidak perlu di dalam list yang telah tercantum pada gambar kecuali fragrance. Namun, setelah saya cek ulang lagi dari website mereka, tertulis bahwa seluruh kandungan fragrance telah di-take-out dari seluruh skin care Somethinc Niacinamide Moisture Beet Serum.

TEKSTUR, WARNA, BAU

Di awal, teksturnya watery, sedikit lengket dengan warnanya yang bening. Tidak ada bau atau wewangian yang mengganggu. Namun, setelah diaplikasikan, saya merasa Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum ini cepat juga meresap di kulit.

FINAL VERDICT

Setelah hampir tiga bulan memakai Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum, saya akhirnya memberi cap serum ini sebagai skin care yang akan selalu saya cari ketika kulit saya sedang “letih”.

Efek yang paling saya rasakan adalah, serum ini sangat membantu mengontrol excess oil atau minyak berlebih di kulit wajah saya. Jadi menjelang menstruasi, kulit saya tuh jadi lebih berminyak. Yang saya notice ketika memakai Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum, kulit jadi tidak terlalu oily dan jerawat menstruasi juga hanya satu kali muncul dalam tiga siklus terakhir.

Poin lainnya adalah, efek yang saya rasakan sama seperti saat saya memakai Cosrx Advanced Snail 96 Mucin Power Essence (klik untuk baca review-nya). Kulit saya terhidrasi dengan lebih baik, lebih kenyal dan nggak gampang kusam. Bedanya, kalau Cosrx Advanced Snail 96 Mucin Power Essence bikin skin tone saya naik satu tingkat, nah Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum nggak bikin kulit wajah saya jadi lebih cerah. Jadi, ya, dia hanya menjaga kulit saya untuk tidak gampang kusam.

HARGA DAN WHERE TO BUY?

Waktu itu saya beli harganya Rp115.000 dari salah satu e-commerce Indonesia.

Yak, sekian ulasan “singkat” saya tentang Niacinamide secara umum dan mini review Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum. Semoga ulasan saya membantu teman-teman dalam memutuskan apakah butuh Somethinc Niacinamide Moisture Beet Serum ini di dalam regimen skin care.

Tabik, Mutia.

3 thoughts on “[REVIEW] SOMETHINC NIACINAMIDE + MOISTURE BEET SERUM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s